Cara Mempercepat Penguapan

Dalam kehidupan sehari-hari, penguapan dimanfaatkan untuk kebutuhan tertentu, misalnya untuk mengeringkan pakaian. Penguapan sering kali dapat dipercepat. Bagaimanakah cara mempercepat penguapan? Berikut Mafia Online ulas cara mempercepat penguapan suatu zat.

Memperluas Permukaan
Air mendidih yang ditempatkan dalam piring akan lebih cepat menguap dibandingkan dengan air mendidih yang dimasukkan dalam gelas. Hal tersebut terjadi karena luas permukaan piring lebih luas daripada permukaan gelas. Jadi, dapat dikatakan bahwa penguapan dapat dipercepat dengan memperluas bidang permukaan.

Mengurangi Tekanan Permukaan
Gelas yang dibuka tutupnya lebih cepat dingin daripada gelas yang ditutup. Hal tersebut terjadi karena tekanan pada permukaan gelas lebih kecil. Jadi, dapat disimpulkan bahwa permukaan dapat dipercepat dengan mengurangi tekanan pada permukaan.

Menghembuskan Udara Dingin
Cara mempercepat penguapan dapat juga dilakukan dengan mengembuskan udara dingin di atas permukaan air. Dengan mengembuskan udara dingin, tekanan di atasnya akan menjadi lebih kecil. Dengan demikian, jarak di antara molekul-molekul udara di atas permukaan air menjadi lebih besar atau lebih regang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mempercepat Penguapan"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.