Benda Jatuh Tidak Tergantung Pada Massa Benda

Jika kamu menjatuhkan sebuah penghapus dan kapur secara serentak, yang mana akan menyentuh tanah secara bersamaan? Kedua benda tersebut akan menyentuh tanah pada saat hampir bersamaan. Hal ini berarti percepatan gerak kedua benda tersebut juga hampir sama. Apakah kamu menduga penghapus permukaan terlebih dahulu, karena memiliki massa lebih besar? Memang benar bahwa gaya gravitasi pada penghapus lebih besar, karena massanya lebih besar. Namun massa yang lebih besar membuat kelembaman penghapus tersebut menjadi lebih besar pula, sehingga lebih banyak gaya diperlukan untuk mengubah kecepatannya. Kapur memiliki massa jauh lebih kecil daripada penghapus, namun kelembamannya juga jauh lebih kecil. Gambar berikut memperlihatkan foto gerak jatuh dua bola. Bola besar memiliki massa lebih besar daripada bola kecil, namun dapat kamu lihat kedua bola tersebut jatuh dengan kecepatan yang sama.

Sumber Gambar: Rinie, et al. 2008

Refrensi:
Rinie, P. P., Kuswanti, N., Rahardjo., Rahayu, Y. S., & Amin, M. 2008.  Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam: Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII Edisi 4. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Benda Jatuh Tidak Tergantung Pada Massa Benda"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.